top of page

Dari mana istilah 'A5' pada daging sapi?

Dilansir dari Savor Japan, sistem penilaian daging wagyu mempunyai standarisasi khusus yang ditetapkan oleh Japanese Meat Grading Association. Sistem penilaiannya pun ditetapkan berdasarkan beberapa faktor khusus. Peringkat wagyu dibagi menjadi dua faktor, yaitu peringkat huruf (A sampai C) dan peringkat angka (1 hingga 5).


Peringkat huruf ini disebut dengan Yield Grade dan peringkat angka disebut dengan Quality Grade. Peringkat huruf menunjukkan hasil daging sapi, yaitu seberapa banyak daging berkualitas yang bisa dihasilkan dari satu bagian sapi. Sedangkan, peringkat angka dinilai secara visual, yakni warna daging, tingkat ketegasan daging dan kehalusan tekstur daging, dan warna dari lemak yang terdapat pada daging.

Pada dasarnya, daging yang baik akan punya warna merah terang dengan lemak berwarna putih. Setiap faktor ini kemudian dinilai dengan skala 1 hingga 5. Dengan angka 1 jadi paling buruk, dan angka 5 yang paling bagus.

Skor huruf dan skor angka ini akan digabungkan. Maka dari itu, untuk mendapatkan peringkat A4 atau A5, daging wagyu harus benar-benar sempurna. Daging yang mendapatkan peringkat A biasanya berarti berasal dari sapi yang merupakan sapi wagyu berdarah murni (100% Full-blood Wagyu).

888 views0 comments

Recent Posts

See All
whatsappkekka.png
bottom of page